BERITA SATUAN RESKRIMINFORMASI TERBARU

Sat Reskrim Polres P. Morotai Melaksanakan Press Release Tentang Kasus Pemalsuan Surat

Polres Pulau Morotai

Polres Pulau Morotai, Senin 15/1/18 bertempat di ruangan Polres Pulau Morotai diadakan kegiatan Press Release dengan sejumlah wartawan terkait kasus pemalsuan surat.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Waka Polres Pulau Morotai KOMPOL Toni Kasmiri, SH, SIK dan didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Dwi Yanuar Mukti Setyawan SH, S.IK serta Kabag Ops AKP Didik C.B. Hadir juga sejumlah wartawan dari Kab. Pulau Morotai dalam kegiatan Press Release tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan perkembangan kasus dugaan pemalsuan surat yang dilakukan oleh pelaku yang berinisial S.P dan B.D yang memalsukan tanda tangan dalam surat keputusan Badan Permusyawaratan Desa Sabala Nomor 01 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa TA. 2016 dan pelaku berinisial M.A.S  yang memalsukan tanda tangan dalam 4 Dokumen Laporan Pertanggung Jawaban APBN dan APBD Tahap I (satu) serta Tahap II (dua) Desa Mira Tahun 2016.

Dari tangan pelaku berinisial S.P dan B.D, polisi menyita 4 dokumen laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran APBD dan APBN Desa Mira Tahun 2016 dan Dokumen pembanding tanda tangan, Sedangkan dari pelaku berinisial M.A.S, Polisi menyita 1 dokumen APBDes Desa Sabala Tahun 2017 dan Dokumen pembanding tanda tangan.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 263 Ayat (1) dan atau Ayat (2), Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana, dapat dikenakan dengan ancaman penjara maksimal 6 (enam) tahun.

Kasat Reskrim AKP Dwi Yanuar mengatakan bahwa, Penyidik telah melakukan pemeriksaan barang bukti ke Labkrim Cab. Makassar dan hasil pemeriksaan dari Laboratorium menyatakan bahwa tanda tangan yang dilakukan merupakan tanda tangan karangan (dipalsukan).

Selanjutnya penyidik segera melengkapi berkas perkara untuk nantinya dilimpahkan ke Kejaksaan, ungkap Dwi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close