GALERI KEGIATAN POLRES MOROTAIINFORMASI TERBARU

Kapolres Pulau Morotai Hadiri Kegiatan Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama se-Kabupaten Pulau Morotai

Polres Pulau Morotai

Perlu diketahui bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemeliharaan kerukunan umat beragama merupakan upaya bersama umat beragama maupun pemerintah/organisasi di bidang pelayanan, pengaturan, dan pemberdayaan umat beragama. Oleh karena itu, dalam membangun kerukunan tersebut Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dibawah binaan Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo dalam hal ini Sub. Bagian Hukum dan KUB menggelar kegiatan yang bertajuk Dialog Lintas Agama se-Kabupaten Pulau Morotai , Jumat, (23/3) yang berlangsung di Gedung Aula Kantor Bupati Pulau Morotai dan dihadiri tokoh-tokoh lintas Agama, baik dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu serta Budha bersama berbagai kalangan masyarakat dan profesi se-Kabupaten Pulau Morotai.

bahwa tujuan digelarnya dialog yang juga sekaligus rapat koordinasi antar umat ini tak lain adalah, memperkokoh persatuan antar tokoh dan lintas agama yang ada di Kabupaten Pulau Morotai.

Hal ini mengingat bahwa peran tokoh agama diseluruh Indonesia khususnnya di Kabupaten Pulau Morotai sendiri memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama membangun persatuan antar sesama umat beragama. Hal ini dikarenakan, Morotai selain memiliki kekayaan keberagaman yang harus dijaga dan dirawat persatuan kesatuan antar agama juga memiliki adat istiadat yang bersendikan kitabullah yang hingga sampai saat ini masih melekat pada masyarakat Morotai sendiri.

Disentegrasi yang menghantui bangsa ini, bisa muncul dari berbagai sumber. Kebinekaan yang diaanggap sebagai kekayaan bangsa baik dari segi etnik yang berjumlah puluhan budaya bangsa, adat istiadat, bahasa dan agama serta berbagai kepercayaan yang ada, ternyata mempunyai sisi yang rawan berupa potensi perpecahan yang implikasinya yang sangat luas dan mendalam.

Ditambah lagi dengan adannya isu-isu dari berbagai media sosial (Medsos), tentu banyak pemberitaan yang sifatnnya hanya memprovokasi sehingga mengakibatkan terjadinya perpecahan, oleh karena itu, peran dari berbagai tokoh agama inilah yang sangat diperlukan untuk bisa mneyejukan isu-isu yang bisa mengakibatkan terjadinnya konflik/perpecahan.

Dengan adannya dialog lintas agama seperti ini, diharapkan dapat memberikan masukan akan gagasan kerukunan antar umat beragama, karena dengan dialog maka kita akan saling kenal, saling memahami dan menambah pengetahuan. Ini sangat penting, karena kasus-kasus kerusuhan dan kekurang harmonisan penganut agama tidak terlepas dari pimpinan antar agama yang kurang saling mengenal.

” Insya Allah, melalui dialog ini, persatuan kerukunann umat beragama di Morotai semakin lebih baik dan terhindar dari segala bentuk masalah yang dapat menimbulkan perpecahan terutama antar lintas agama.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close